Tips Membuat Kamar Mandi Kecil Menjadi Nyaman

Referium.com – Kamar mandi adalah hal wajib bagi setiap khalayak keluarga. Namun terkadang karena ukuran kamar mandi yang tidak terlalu besar, terkadang dianggap oleh pemilik rumah sebagai kekurangan.

Yah, tentu saja semuanya mengningkan kamar mandi yang luas dan nyaman. Namun ternyata bukan luas yang menentukan tingkat kenyamanan di kamar mandi. Ukuran kecil kamar mandi pun dapat membuat kita nyaman di dalamnya. Yang terpenting adalah penataan ruang kamar mandi tersebut. Dan yang kedua adalah kebersihan kamar mandi tersebut.

Nah, otomatis ini kembali lagi kepada si pemilik rumah, yaitu anda. Apakah anda bisa menata ruang kamar mandi anda sedemikian rupa agar terlihat nyaman atau tidak. Apakah anda bisa menjaga kebersihan kamar mandi atau tidak? Jika dua aspek diatas terpenuhi, bisa dipastikan walaupun kamar mandi anda kecil, tetap akan terasa nyaman seperti kamar mandi yang berukuran besar.

Namun, sungguh disayangkan,dua hal yang menjadi pondasi kenyamanan kamar mandi justru disepelekan sebagian masyarakat. Seperti menjaga kebersihan kamar mandi. Sebagian stigma masyarakat akan befikir, untuk apa dibersihkan, toh jika tidak dibersihkan pun tetap akan terlihat bersih karena selalu tersiram air.

Padahal, walaupun terkadang terlihat bersih, jikalau tidak dibersihkan secara rutin maka akan menimbulkan bau yang tidak enak dan menjadi tidak nyaman. Di sisi lain, lantai kamar mandi yang tidak dibersihkan secara rutin akan menjadi licin karena lumut ataupun sisa-sisa sabun yang menempel pada lantai kamar mandi. Mengingat banyak sekali kasus fatal yang terjadi dikamar mandi entah itu terpeleset ataupun hal lainnya, tentunya itu berbahaya bagi anda ataupun keluarga anda tercinta.

Selain kebersihan, penataan furniture atau penataan ruang juga salah satu hal terpenting untuk membuat kamar mandi anda menjadi nyaman. Namun, sayangnya sama halnya seperti membersihkan kamar mandi, masyarakat sering menyepelekan hal ini. Banyak orang malas mengerjakan pekerjaan ini karena mereka pikir ini hanyalah pekerjaan yang sepele. Mereka berfikir pekerjaan ini tidaklah penting. Padahal sebaliknya, hal ini menjadi penting agar kamar mandi kita menjadi nyaman. Menata sebuah ruangan merupakan hal yang cukup menyenangkan, walaupun hanya menata di ruang kamar mandi. Kita bisa melakukan hal sesuka kita untuk menempatkan barang yang kita suka. Dan jika anda telah melaksanakan pekerjaan anda dengan baik maka, mata anda akan dimanjakan setiapk kali masuk kamar mandi.

Untuk membantu anda membuat kamar mandi anda menjadi nyaman dan enak dipandang, seperti yang dilansir dari disiniaja.com, berikut ini ada beberapa tips agar kamar mandi anda yang berukuran kecil bisa terlihat luas dan nyaman.

Tips Membuat Kamar Mandi Kecil Menjadi Nyaman

  1. Pasanglah Cermin

Menggunakan cermin merupakan pilihan yang tepat. Karena dengan menggunakan cermin bisa membuat efek ruangan menjadi lebih luas. Tempatkan cermin dengan posisi yang pas seperti di dekat pintu, di dekat watafe, ataupun disamping bak mandi. Dengan menempatkan cermin di tempat-tempat tersebut, bisa membuat kamar mandi menjadi terlihat luas.

  1. Gunakan Lantai Yang Berwarna Terang

Lantai yang terang dapat memberikan suasana hati kita menjadi lebih ceria. Diantaranya anda bisa memilih warna seperti, putih, baby pink, baby blue, ataupun krem. Dengan begitu ketika anda masuk ke kamar mandi, anda akan merasa sejuk.

  1. Dinding Yang Berwarna Cerah

Sama halnya dengan lantai, dengan menggunakan warna cerah pada dinding akan memberikan efek sejuk. Akan menjadi hal aneh bila lantai anda berwarna cerah, tapi dinding anda berwarna merah darah pekat. Anda bisa gila nanti. Jadi selaraskan dengan lantai. Untuk di dinding sebaiknya jangan terlalu banyak motif. Gunakan motif dibagian tertentu saja. Jangan semuanya pakai motif, nanti anda bingung. Itu tembok atau kain batik.

  1. Warna Bingkai Jendela

Bila di kamar mandi anda menggunakan jendela maka gunakanlah warna bingkai yang cenderung gelap. Dengan begitu akan membuat ruang kamar mandi anda terlihat sedikit lebih lega.

  1. Selektif Memilih Lampu

Gunakanlah lampu neon yang memancarkan sinar putih terang. Jangan gunakan lampu bohlam yang pancaran sinarnya kunging jingga redup-redup seperti di disko. Hal tersbut akan membuat ruangan anda tampak suram dan sempit. Selain itu, lampu neon bisa menghemat listrik dan tahan lama bila dibandingkan dengan lampu bohlam.

  1. Hindari Penempatan Rak di Dinding

Terlalu banyak menggunakan furniture aksesoris seperi rak dinding bisa membuat ruangan anda menjadi terlihat lebih sempit. Maka dari itu lebih baik hindari atau anda bisa memilih rak yang lebih kecil untuk menaruh perlengkapan mandi anda.

Untuk anda yang selama ini mengeluh kamar mandi anda yang berukuran kecil. anda bisa menggunakan tips tips diatas untuk membuat kamar mandi anda terlihat lebih luas dan nyaman. Seperti yang disebutkan diatas, untuk menciptakan kamar mandi yang nyaman walaupun kecil, sangatlah penting untuk menata semua tata ruang agar kita bisa lebih leluasa bergerak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *